KONSEP
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS OBYEK
MODEL
Representasi
penyederhanaan dari sebuah realita yang kompleks dan mempunyai feature yang
sama dengan tiruannya dalam melakukan task atau menyelesaikan permasalahan.
PERMODELAN
Suatu
bentuk penyederhanaan dari sebuah elemen dan komponen yang sangat kompleks
untuk memudahkan pemahaman dari informasi yang dibutuhkan.
OBYEK
Mempunyai
atribut
Mempunyai
nilai atribut
Mempunyai
behaviour
Behaviour
dilakukan dengan memberikan pesan
PEMODELAN
SISTEM
·
Pemodelan berdasarkan skenario
Merupakan
pemodelan sistem yang dilakukan dari sudut pandang pengguna.
·
Pemodelan berdasarkan aliran
Pemodelan
ini mendefinisikan bagaimana obyek-obyek data ditransformasikan oleh
fungsi-fungsi.
·
Pemodelan berbasis kelas
Pemodelan
ini mendefinisikan obyek, atribut dan relasi , biasanya menggunakan ERD.
·
Pemodelan berbasis periaku
Pemodelan
ini lebih mengarah pada perilaku dari sistem atau produk.
ANALISIS
DAN DESAIN BERORIENTASI OBYEK
Adalah
cara baru dalam memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat
menurut konsep sekitar dunia nyata. Dasar pembuatan adalah obyek.
KARAKTERISTIK
OOD
·
Encapsulation
Merupakan
dasar untuk pembatasan ruang lingkup program terhadap data yang diproses.
Data
dan prosedur atau fungsi dikemas bersama-sama dalam suatu obyek sehingga
prosedur atau fungsi lain dari luar tidak dapat mengaksesnya.
·
Inheritance (pewarisan)
Teknik
yang menyatakan bahwa anak dari obyek akan mewarisi data/atribut dan metode
dari induknya langsung.
·
Polymorphism
Konsep
yang menyatakan bahwa suatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan perilaku
berbeda.
Mempunyai
arti bahwa operasi yang sama mungkin mempunyai perbedaan dalam kelasn yang
berbeda.
KONSEP
FUNDAMENTAL OOD
·
Kelas
Merupakan
satu atau lebih obyek dengan persamaan atribut dan metode, sedangkan kelas dan
obyek adalah kelas dengan satu atau lebih obyek di dalamnya.
·
Atribut
Menggambarkan
data yang dapat memberikan informasi mengenai kelas atau obyek dimana atribut
terssebut berada.
·
Metode
Prosedur
atau fungsi seperti yang terdapat dalam bahasa pascal pada umumnya, tetapi cara
kerjanya agak berlainan.
·
Message
Merupakan
cara untuk berhubungan antara satu obyek dengan obyek lain. Suatu pesan
dikirimkan oleh suatu obyek kepada obyek tertentu dapat digambarkan dengan anak
panah.
UML
(UNIFIED MODELLING LANGUAGE)
Merupakan
seperangkat diagram dan notasi standar untuk memodelkan sistem-sistem
berorientasi obyek dan menjelaskan semantik yang mendasarinya mengenai arti
dari diagram-diagram dan simbol-simbol ini.
Diagram
dalam UML
·
Use case diagram : memodelkan
proses-proses bisnis.
·
Sequence diagram : memodelkan pengiriman
pesan antara obyek.
·
Collaboration diagram : memodelkan
interaksi obyek.
·
State diagram : memodelkan perilaku
obyek dalam sistem.
·
Activity diagram : memodelkan perilaaku
use case, obyek, atau operasi.
·
Class diagram : memodelkan struktur
statis class dalam sistem.
·
Object diagram : memodelkan struktur
statis obyek dalam sistem.
·
Component diagram : memodelkan komponen.
·
Deployment diagram : memodelkan distribusi
sistem.
0 komentar:
Posting Komentar